Pengertian Komunikasi Massa

Sebelum masuk lebih jauh kepada bagaimana media memaknai suatu realita, maka perlu kiranya penulis membahas beberapa hal mengenai komunikasi massa. Secara singkat, komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa modern, yang meliputi surat kabar yang mempunyai sirkulasi yang luas, siaran radio dan televisi yang ditujukan kepada umum, dan film yang dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop. Hal itu perlu dijelaskan oleh karena ada sebagian pakar di antaranya Everett M. Rogers, yang menyatakan bahwa selain media massa modern, terdapat media massa tradisional yang meliputi teater rakyat, juru dongeng, juru pantun, dan lain-lain (Effendy, 2000 : 79).

Komunikasi massa memiliki kekuatan yang luar biasa karena kemampuannya untuk menjangkau kuantitas komunikan secara besar. Secara psikologis, komunikasi massa memiliki kemampuan untuk memengaruhi komunikan, baik secara kognitif, afektif, maupun behavioral (Rakhmat, 2002 : 217-239).

Comments are closed.