Pengertian dan Teori Berita

Berita adalah laporan mengenai peristiwa yang terjadi kini. Dengan kata lain perkataan laporan mengenai peristiwa yang baru terjadi dan yang dilaporkan harus benar. Sebenarnya sulit untuk memberikan definisi tertentu mengenai suatu berita. English dan Hach menyebutkan beberapa variabel mengapa berita begitu sulit didefinisikan:

  1. Berita harus berdasarkan fakta dan tidak semua fakta adalah berita.
  2. Berita tidak perlu merupakan suatu laporan peristiwa baru seperti banyak dikemukakan dalam kamus.
  3. Sesuatu yang penting untuk sesuatu sekolah atau asyarakat, mungkin hanya sedikit saja atau tidak ada nilai beritanya buat sekolah lain atau
    masyarakat lainnya.
  4. Apa yang merpakan berita pada hari ini, mungkin sebaliknya pada hari esok.
  5. Apa yang merupakan berita buat seseorang, mungkin bukan berita buat orang lain.
  6. Apa yang menjadi berita buat surat kabar di kota ini, mungkin bukan berita buat surat kabar lain meskipun berada di kota yang sama.

Meskipun sulit untuk memberikan batasan berita, beberapa ahli mencoba memberikan definisi mengenai berita.Stewart Robertson dan George Foxx Mott, dalam bukunya New Survey of Journalism, mengemukakan:

Berita adalah pencatatan dari informasi yang paling penting serta cermat yang dapat diperoleh tentang segala apa yang dipikirkan dan dikatakan, dilihat, dan digambarkan, direncanakan dan dikerjakan orang.

Mitchell V. Charnley dalam bukunya Reporting, menyebutkan:

Berita adalah laporan hangat tentang fakta atau pendapat yang menarik atau penting atau kedua-duanya bagi sejumlah besar pembaca.

Comments are closed.