Karakteristik Komunikasi Massa

Onong U. Effendy dalam bukunya, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi
memaparkan beberapa karakteristik dari komunikasi massa.

1.     Komunikasi massa bersifat umum.

Pesan komunikasi massa terbuka untuk semua orang. Meskipun begitu, sifatnya yang sama sekali terbuka juga jarang diperoleh. Hal tersebut disebabkan oleh faktor yang bersifat paksaan yang timbul karena struktur sosial.

2.     Komunikan bersifat heterogen.

Massa dalam komunikasi massa terdiri atas berbagai latar belakang yang berbeda. Baik disebabkan oleh faktor-faktor demografis, psikologis, geografis, dan sebagainya.

3.     Media massa menimbulkan keserempakan.

Inilah salah satu kekuatan dari komunikasi massa. Dalam waktu yang relatif bersamaan, komunikasi massa dapat langsung menjangkau banyak komunikan, sekalipun mereka dipisahkan oleh batas-batas geografis.

4.     Hubungan komunikator-komunikan bersifat nonpribadi.

Sifat nonpribadi ini disebabkan teknologi dari penyebaran massal. Sebagian lagi dikarenakan syarat-syarat bagi komunikator yang bersifat umum.

Comments are closed.